Kyai Sontoloyo




Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mengajarkan nilai-nilai keIslaman. Sayangnya banyak ditemui fenomena eksploitasi santri pesantren. Di Aceh khususnya, ketika duduk dii kedai kopi atau rumah makan datang santri meminta sumbangan. Santri itu tugasnya menuntut ilmu bukan mengemis dana. Ada pendapat, pesantren kan butuh bantuan? Untuk mendapatkan bantuan kan lebih banyak cara yang lebih elegan tidak mesti meminta-minta. Bagi orang yang memberikan juga berasal dari sumber yang halal agar bernilai ibadah. 


Selanjutnya, hakikat santri datang ke pesantren adalah untuk mendapatkan ilmu agama. Konsekuensi Kyai atau pengelola ya memberikan layanan pendidikan sesuai standar pendidikan. Kalau santri mencari sumbangan, apalagi hingga malam hari kapan belajarnya. Meminta-minta ya bukan mendapat ilmu tapi mendapat mental pengemis. 


Seharusnya pengasuh pesantren yang mengeksploitasi santri untuk meminta dana introspeksi diri. Niat mendirikan pesantren untuk apa? Untuk memperkaya diri apa untuk berdakwah.. Tolonglah,, stop mengatasnamakan Islam, pesantren itu adalah lembaga pendidikan yang ideal, jangan rusak gara-gara Kyai yang feudal materialistis. Dasar Kyai Sontoloyo…. 


0 Comments