Profesor Petani

-- Profesor Petani --

Pernah ku dengar istilah, "profesi yang paling mulia adalah dokter dan guru". Apabila dilihat dalam konteks pengabdian sepertinya iya. Apa sebab? Melalui tangan dokter dapat diselamatkan banyak nyawa, sedangkan melalui tangan guru banyak lahir manusia bermanfaat. Istilahnya.. sodaqoh jariyah.. artinya pahala yang mengalir.. 

tapiii.. kalau boleh menambahkan satu profesi lagi adalah "petani".





Petani adalah sebuah mata pencaharian yang mengandalkan alam. Perlu kepasrahan disini karena yang menentukan hasil tani adalah Allah sang pemilik alam. Selain itu, petani adalah profesi yang tidak rawan korupsi, bagaimana dikorupsi, yang menentukan saja Allah.. Jadi kebanggaan sendiri apabila kita berprofesi sebagai petani. 

Garis nasabku dari keturunan seorang petani, begitu juga dengan istri. Maka tidak salah apabila suatu saat setelah cita2ku menjadi seorang profesor tercapai aku akan menjadi seorang petani. Setelah bergulat dengan buku dan kegiatan akademik puluhan tahun nampaknya kembali kepada alam adalah yang terbaik. Profesor Petani, atau Petani Profesor.. I Wish ..😊

0 Comments