Mata Kuliah Struktur Organisasi

 

Pada semester ini kebetulan mengampu mata kuliah Struktur Organisasi. Dalam perspektif manajemen pendidikan, kajian struktur organisasi selain membahas struktur organisasi di lembaga pendidikan juga membahas jenis organisasi, karakteristik organisasi, komponen organisasi, spesialisasi, diferensiasi, rentang kendali dan lain sebagainya. Kajian struktur organisasi berkaitan erat dengan kajian budaya dan perilaku organisasi. Apabila kajian struktur organisasi membahas aspek dalam organisasi yang "hard" atau terlihat, maka kajian budaya dan perilaku organisasi membahas hal yang bersifat abstrak. 



Di IAIN Lhokseumawe, mata kuliah Struktur Organisasi dipelajari di semester 1, sedangkan mata kuliah Budaya dan Perilaku Organisasi dipelajari setelahnya atau semester 2. Tujuannya, setelah mahasiswa memiliki pemahaman yang cukup tentang organisasi baru mempelajari hakikat dari Nilai sebuah organisasi. Pemahaman yang komprehensif tersebut diharapkan merubah paradigma berpikir mahasiswa bahwa mengelola organisasi bukanlah hal yang temporer, melainkan berkesinambungan. Organisasi dapat eksis apabila terdapat kesesuaian antar elemen pada aspek struktur organisasi. Struktur organisms yang efektif menjadi faktor determinan dalam membangun budaya organisasi yang kondusif dan sarat nilai. Selanjutnya, organisasi dengan budaya dan nilai yang kuat akan bertahan dan kompetitif. 

Bagi mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam link materi mata kuliah Struktur Organisasi dapat di akses pada link berikut https://tinyurl.com/materiTeoriOrganisasi 

0 Comments